Pages

Kamis, 25 April 2013

Stick Drum

Stick Drum

Bagi para drummers pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya stick drum.Hampir setiap kali bermain drum membutuhkan yang namanya stick drum.Stick drum pun terdiri dari beberapa jenis, terrgantung pada ukuran,merk,ataupun bahannya.

1.Berdasarkan Ukuran
Ada 3 ukuran  yang dipergunakan di stick drum yaitu  2, 5 dan 7. Ukuran 2 adalah ukuran yang paling besar dan 7 adalah ukuran yang paling kecil.Pada stick drum, yang terjadi adalah  semakin kecil angkanya maka semakin besar stick drumnya.Nah biasanya ada tambahan A dan B dibelakang ukuran sticknya, misal 2A dan 2B, 5A dan 5B, 7A dan 7B. A atau B itu menentukan diameter dari si sticknya, kalau A lebih kecil daripada B.




2. Berdasakan Merk


  • Zildjian: Stick Zidjian memang terkenal sangat kuat. Tapi ukuran dari stick Zildjian sendiri agak berbeda dari yang lainnya karena stick-stick Zidljian cenderung lebih besar. 
  • Vic Firth: Benar-benar 'The perfect pair', semua sticknya benar-benar seimbang dan mempunyai pitch yang sama. Dan yang pasti lurus semua. Tapi jika anda kurang beruntung anda akan mengalami 'pematahan dini' .
  • Pro Mark: Satu-satunya stick yang logonya tercantum ditengah stick. Stik ini sangat kuat tetapi balancenya cukup aneh karena stick ini berat didepan.
  • Johny Rabb: Terkenal dengan inovasinya seperti Rhythm Saw. Tapi Rhythm Saw itu sendiri dapat berbahaya untuk drum karena dapat merusak bearing edge sehingga suara drum anda bisa menjadi kacau dan tidak dapat dituning.
  • Tama: Extra kuat dan merupakan yang paling nyaman di pegang. Tapi sayang, sekarang sudah sangat jarang.
  • Vater: Banyak sekali pilihannya, tetapi keseimbangannya tidak menentu alias setiap stick tidak mempunyai karakter yang sama walaupun bentuknya sama.
  • Ahead: Stick drum super mahal. Memang, cukup gaya... tapi, rebound-nya (pantulan) sangat mati dan suara drum akan terdengar tidak tajam. 
  • Regal tip: Stick ini tidak tahan dingin dan menjadi mudah patah. Bagi beberapa orang mungkin akan merasa bahwa stick ini terlalu licin tapi ada juga yang mengatakan bahwa stick ini yang paling nyaman. Kelemahan dari stick ini adalah jika menggunakan nylon tip, biasanya neck pada ujung stick kecil sekali sehingga mudah patah.
Selain dari merk-merk diatas kita juga dapat membuat stick drum custom yang ukuran,bahan,ataupun desainnya dapat ditentukan sesuai dengan yang kita mau.
Contoh stick drum custom:


3. Berdasarkan Bahannya  


-HICKORY : ulet, kokoh, pantulannya cepet, tidak mendem (bright) karakter kayunya dapet.  

HONJE    : kayu ringan degan tekstur agak kasar,cenderung berwarna cerah kekuningan. Cocok untuk stick diameter besar tanpa berat  

OAK       : Kayu yang memiliki warna yang agak kemerahan. Kayunya keras, Padat dan berat, sangat tahan lama dan biasanya berlangsung lebih lama dari jenis kayu lain. Ketahanan terhadap kemungkinan pecahan cukup tinggi. Memiliki keunggulan pelengkungan dengan uap. Kayunya cenderung lebih keras dan lebih berat.. 

SAWO    : tergolong kayu keras dan berat, dengan tekstur halus dan pola warna yang menarik. Kayu sawo cenderung berwarna coklat krem. Kayu sawo memiliki keawetan yang baik, tahan terhadap serangan jamur dan serangga.

Ternyata ujung stick drum ( tip) juga bermacam-macam 

Mau beli stick? Jadilah orang yang teliti.  

Sumber : fernando-drum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar